Remastering OpenMandriva? Mudah ternyata

Entah ini memang tipikal pengguna Linux atau tidak, kebanyakan pengguna Linux pada masanya akan menginginkan membuat Linux-nya sendiri. Dulu, saya bersama teman-teman membuat PriOS Linux, sebuah Linux khusus untuk Pramuka. Semuanya bermula saat distro turunan Mandrake/Mandriva pada waktu itu sedang naik daun, PCLinuxOS memberikan fasilitas Remastering dengan Mklivecd.

Sesudah itu, saya meneruskan proyek iseng sendiri dengan membuat distro lain dengan tool Draklive Mandriva. Kemudian, ketika Mandriva turun daun dan hampir bangkrut sehingga komunitasnya membuat rencana penyelamatan dengan membuat Mageia Linux, saya harus menunggu sampai rilis ke 3 baru bisa melakukan remastering dengan seadanya untuk komunitas Mageia di Indonesia.

Sekarang, dengan lahirnya OpenMandriva 2014.0 dan lebih stabilnya tool build mereka, saya pun mencoba melakukan remastering distro OpenMandriva. Idenya adalah melanjutkan pengembangan Pulanggeni Linux. Idenya adalah membuat sebuah distro linux yang khusus bagi kebutuhan UMKM, Sekolah/Madrasah dan Lembaga Pendidikan, baik Desktop maupun Server.

Tool untuk remastering OpenMandriva sendiri diadopsi dari LiveCD Tools dari Fedora. Tool yang telah teruji membuat distro Mandriva, ROSA dan OpenMandriva sejak tahun 2011 ini sangat mudah digunakan jika anda melakukan re-spin (seperti halnya Fedora).

Untuk melakukan remastering, anda setidaknya memenuhi syarat pokok ini:

  • punya koneksi internet cepat, kalau bisa sangat cepat, karena paket-paket RPM yang diinstall berasal dari repo
  • pengetahuan tentang Git,
  • punya mesin host Linux dengan spek mumpuni, kalau bisa setara i5 keatas dan RAM >4 GB

Tutorialnya nanti akan saya tulis lagi pada kesempatan yang lain. 🙂

About the Author

Ifhtul Emka

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai konsultan development sistem informasi beberapa kampus, sekaligus Developer & kontributor di OpenMandriva Linux. Bekerja sehari-hari di ICT Center Unnes sebagai tukang sapu Programmer.

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: