OpenMandriva 2014 Akhirnya Dirilis Juga

Yups, akhirnya OpenMandriva 2014.0 akhirnya dirilis juga. Salah satu distro yang selalu saya nanti dan saya gunakan sekarang sebagai distro linux utama (khusus Desktop) ini akhirnya mampu menghadirkan kontinuitas budaya lama dari pendahulu mereka, Mandriva Linux.

Seperti yang anda ingat (kalau anda pengguna Linux lama, era 2000an) anda tentu paham bahwa Mandriva Linux biasanya merilis dua edisi tiap tahun, edisi mayor dengan awalan tahun (misal 2009.0) dan edisi submayor yang biasanya dirilis pada musim semi (Spring) misalnya 2009.1 Spring Edition yang berisi update komplit dari platform mayor sebelumnya. Inilah yang diteruskan oleh OpenMandriva sekarang.

Selain faktor penerusan budaya tersebut, rilis kali ini begitu spesial buat saya. Ya, karena saya turut andil kecil dalam membuat software Welcome to OpenMandriva Lx (oma-welcome) bersama om Linukiss dari Brazil.

Setelah ini beberapa hal yang mungkin akan saya kembangkan dengan basis OpenMandriva Lx adalah panel webhosting dan edisi server dari OpenMandriva. Entah bagaimana caranya, harus bisa… (MOTTO!!! Cap mobil… haha)

About the Author

Ifhtul Emka

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai konsultan development sistem informasi beberapa kampus, sekaligus Developer & kontributor di OpenMandriva Linux. Bekerja sehari-hari di ICT Center Unnes sebagai tukang sapu Programmer.

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: