Akhirnya, Bikin Juga Aplikasi untuk OpenMandriva Lx (oma-welcome)

Dua minggu terakhir ini mendadak saya bergairah untuk berkontribusi langsung pada project OpenMandriva Linux. Ya, distro linux baru yang resmi melanjutkan versi Desktop dari Mandriva Linux yang dihentikan pengembangannya oleh Mandriva dan diserahkan ke komunitas.

Apa yang saya lakukan masih tergolong kecil dan sekedar iseng-iseng saja. Selain (semoga) aktif menjadi translator untuk Bahasa Indonesia, saya juga memberanikan diri untuk membuat satu aplikasi khusus untuk OpenMandriva Linux. Aplikasi ini namanya OMA-Welcome. OpenMandriva Lx Welcome Page. Dipake nggak dipake mah BODO AMAT… #akurapopo

OMA-welcome sendiri hampir sama dengan welcome page di beberapa distro linux lain (yang mendadak ngetrend akhir-akhir ini). OMA-Welcome ini saya fork dari apa yang dibikin dan diawali oleh om Allisson (Linukiss).

OMA-Welcome ini memanfaatkan beberapa library, diantaranya python, python-qt4, python-qt4-webkit dan web.py. Untuk bahasa pemrogramannya, kombinasi antara bahasa python, html/css/js, dan bash scripting. Kenapa bash scripting? Ya karena aplikasi ini memakai Bigbashpreview sebagai tulang punggungnya.

Bigbashpreview itu semacam library untuk mewadahi para pengguna bash scripting yang ingin membuat interface sederhana dari scriptnya.

Tertarik?

Bagi yang tertarik, silakan ikuti pengembangannya di Github: http://github.com/panahbiru/oma-welcome/

atau Install RPM-nya dari:

https://drive.google.com/file/d/0B3HEdlAqHJQsYkozYWt1bGxURmc

Screenshoot

omwelcome1 omwelcome2 omwelcome3 omwelcome4 omwelcome5 omwelcome6

About the Author

Ifhtul Emka

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai konsultan development sistem informasi beberapa kampus, sekaligus Developer & kontributor di OpenMandriva Linux. Bekerja sehari-hari di ICT Center Unnes sebagai tukang sapu Programmer.

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: