Model OpenSource Apa Lagi!

Model opensource apa lagi yang harus dipakai oleh para developer Indonesia untuk bertahan hidup? tidak ada menurut saya. Di Negara yang budaya pembajakan menjadi-jadi dan ‘pakewuh’ yang semakin langka, Opensource hanya bahan empuk untuk membuat sakit hati para pengembang di negeri ini.

Saya belum mendapat satupun contoh dimana aplikasi opensource yang bisa membuat para pengembangnya (setidaknya) mampu membeli secangkir kopi secara rutin. Itulah kenapa, model Donasi yang saya cantumkan disini dan dimanapun ketika saya merilis aplikasi menjadi tidak berguna. Pun, hanya 1-2 yang berkomentar, berterimakasih, dan kebanyakan yang lain hanya download dan selesai urusan.

Untuk itulah mulai saat ini, beberapa aplikasi yang saya kembangkan akan (lebih tepatnya: sudah) dikelola secara bisnis oleh SistemInformasi.biz. Yang free akan tetap free, kemungkinan akan ada tambahan versi Pro-nya.

Satu quote penting yang patut kita catat: Opensource bukan ladang untuk cari duit, Opensource adalah ladang belajar dan beramal. 🙂

About the Author

Ifhtul Emka

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai konsultan development sistem informasi beberapa kampus, sekaligus Developer & kontributor di OpenMandriva Linux. Bekerja sehari-hari di ICT Center Unnes sebagai tukang sapu Programmer.

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: